“Maka, rasa sakit akan melahirkan anak ( persalinan memaksa ia bersandar ) pada pangkal pohon kurma, ia berkata, ‘Aduhai alangkah baiknya aku mati sebelum ini, dan aku menjadi sesuatu yang tidak berarti, lagi dilupakan’. Maka Jibril menyerunya dari tempat yang rendah,’ Janganlah kamu bersedih hati, sesungguhnya Robbmu telah menjadikan anak sungai di bawahmu. Dan goyangkanlah pangkal pohon kurma itu ke arahmu, niscaya pohon itu akan menggugurkan bah kurma yang masak kepadamu. Maka makan, minum dan bersenang hatilah kamu” ( QS Maryam ; 23-26 )

Dari ayat diatas secara explisit bahwa wanita yang hamil sangat baik untuk memakan buah kurma untuk membantu dalam proses persalinnya.
Itu adalah salah satu khasiat yang terkandung di dalam buah kurma ini, salah satu khasiatnya lagi adalah buah ajaib ini juga mengandung zat sililiat, zat yang biasa ada dalam aspirin, dalam sebuah artikel di VOA News (Rabu, 07 Desember 2011) disebutkan bahwa Zat sililiat ini bisa menyelamatkan jiwa, bahwa hasil penelitian di Inggris yang dikeluarkan tahun 2009 mengatakan meminum obat lain dengan sedikit aspirin bisa membantu mengurangi risiko perdarahan. Jika terbukti, ini bisa membantu ribuan orang yang mencari obat untuk mencegah kondisi yang mengancam jiwa.

Buah kurma mengandung protein, serat, dan gula alami yang sangat dibutuhkan tubuh kita saat menjalankan ibadah puasa. Kadar gula alami yang terkandung di dalamnya dapat langsung diserap oleh tubuh. Buah kurma juga mengandung zat potassium yang berkhasiat untuk sistem saraf. Luar biasanya banyak ahli menyebut zat potassium dalam buah kurma sebagai excellent source. Sebab berkhasiat mampu menjadi penawar keletihan, menurunkan darah tinggi, hingga bahkan mengatasi penyakit stroke. Tidak hanya itu, zat besi dan hidrat arang yang terkandung dalam kurma cukup baik bagi penderita anemia dan lesu kronis. Bagi Anda yang memiliki sedikit masalah lambung, tidak perlu khawatir mengkonsumsi buah kurma. Karena tekstur serat pada kurma yang cukup halus menjadikannya aman untuk lambung sensitive sekalipun.

Kurma kaya akan kandungan kalium. Zat ini mampu menekan natrium (garam) berlebih yang biasa dialami penderita hipertensi.
Untuk mencukupi kalium dalam sehari, kita cukup mengonsumsi kurma sebanyak 5 buah saja. Dengan makan segitu, selain kebutuhan kalium terpenuhi juga dapat mengendalikan tekanan darah dan membantu kerja otot,

Berikut Khasiat buah kurma
  1. Kaum Arab Badui, yang makan kurma secara teratur, menunjukkan tingkat kejadian yang sangat rendah dari kanker dan penyakit jantung.
  2. Buah kurma kaya serat yang mencegah penyerapan kolesterol LDL dalam usus. Kandungan serat kurma juga membantu melindungi selaput lendir usus dengan mengurangi paparan dan mengikat bahan kimia yang menyebabkan kanker usus besar.
  3. Sebagai makanan laksatif (laxative food), kurma bermanfaat melancarkan buang air besar dan mencegah konstipasi.
  4. Kurma mengandung antioksidan yang dikenal sebagai tanin. Tanin diketahui bersifat anti-infeksi, anti-inflamasi dan anti-hemoragik.
  5. Kurma adalah sumber vitamin A, yang dikenal memiliki sifat antioksidan dan sangat penting untuk kesehatan mata. Vitamin A juga diperlukan menjaga kulit tetap sehat. Konsumsi buah-buahan alami yang kaya akan vitamin A diketahui membantu melindungi dari kanker paru-paru dan rongga mulut.
  6. Kurma merupakan sumber zat besi yang sangat baik. Besi adalah komponen dari hemoglobin di dalam sel darah merah yang menentukan daya dukung oksigen darah.
  7. Kalium dalam kurma adalah komponen penting dari sel dan cairan tubuh yang membantu mengendalikan denyut jantung dan tekanan darah, sehingga memberikan perlindungan terhadap penyakit jantung koroner dan stroke.
  8. Kalsium merupakan mineral penting dalam pembentukan tulang dan gigi, dan dibutuhkan oleh tubuh untuk kontraksi otot, penggumpalan darah dan konduksi impuls saraf.
  9. Mangan digunakan oleh tubuh sebagai unsur pendukung untuk enzim antioksidan superoksida dismutase.
  10. Tembaga diperlukan dalam produksi sel darah merah.
  11. Magnesium sangat penting bagi pertumbuhan tulang.
  12. Kurma kaya akan vitamin K dan vitamin B-kompleks, yaitu piridoksin (vitamin B-6), niacin, asam pantotenat dan riboflavin. Vitamin ini membantu tubuh dalam metabolisme karbohidrat, protein dan lemak. Vitamin K sangat penting dalam pembekuan darah dan metabolisme tulang.
Rincian kandungan gizi kurma (per 100 g) (Sumber: USDA National Nutrient Database)
UnsurNilai giziPersen kecukupan gizi
Energi277 Kkal14%
Karbohidrat74,97 g58%
Protein1,81g3%
Total Lemak0,15 g<1%
Kolesterol0 mg0%
Serat makanan6,7 g18%
Asam Folat15 mcg4%
Niacin1,610 mg10%
Asam pantotenat0,805 mg16%
Piridoksin0,249 mg19%
Riboflavin0,060 mg4.5%
Thiamin0,050 mg4%
Vitamin A149 IU5%
Vitamin C0 mg0%
Vitamin K2,7 mcg2%
Sodium1 mg0%
Potasium696 mg16%
Kalsium64 mg6.5%
Tembaga0,362 mg40%
Besi0,90 mg11%
Magnesium54 mg13%
Mangan0,296 mg13%
Fosfor62 mg9%
Seng0,44 mg4%
Beta karoten89 mcg
Lutein-zeaxanthin23 mcg


Tak diragukan lagi bukan khasiat buah ajaib ini....jangan ragu untuk memakan buah ini tiap hari...5 buah kurma setiap hari cukup untuk memenuhi asupan tubuh kita satu hari....

Artikel yang Berhubungan



Posted by umy 25 December 2011

1 Responses to Kurma Buah Ajaib Kaya Manfaat

  1. Fakta menarik ttg buah kurma:

    Buah kurma itu buah yannnng paling bersih dann aman, tidak butuh dicuci terlebih dahulu........
    Padahal buah lain walaupun bersih dan mulus, banyak yang takut pestisida di kulitnnnya jadi dicuci dulu, ada juga yang dikupas dulu saking takutnya... hehehe
    Kurma?? Langsung aja telat...

    Kami mau ngasih tau aja kalau kami jual kurma date crown, klik http://berkhasiat.web.id/jualan/jual-kurma-datecrown

    ~ atau langsung pesan kurma datecrown secara online ke nomor Ryan Isra 0813-80-262524 (WhatsApp/SMS/Telegram/Line)

    Ada yang jenis lulu, khalas, khenaizi, dll.

    Kunjungin juga situs online herbal kami www.berkhasiat.web.id utk produk2 lainnya.

     

Post a Comment

Subscribe here